jauhi-area-blind-spot-truk-ini-agar-selamat-berkendara

Jauhi Area Blind Spot Truk Ini Agar Selamat Berkendara

kategori: News


Posted on 13 February 2023


Kecelakaan merupakan hal yang kerap terjadi dan tidak bisa diprediksi saat mengemudi di jalan raya. Saat mengemudi di samping kendaraan besar seperti truk, seringkali kecelakaan yang terjadi disebabkan karena terdapat pengemudi yang belum mengenali area blind spot dari kendaraan yang berada di depannya. Alhasil, kecelakaan seperti tertabrak dan terlindas truk pun bisa menghantui jika pengendara tidak berhati – hati.

Blind spot ialah titik buta dari sebuah kendaraan. Area blind spot adalah area dimana pengemudi tidak dapat mendeteksi adanya kendaraan lain di area tersebut melalui kaca spion.

Semakin besar ukuran sebuah kendaraan maka akan semakin besar pula daerah blind spot nya. Seperti hal nya sebuah truk jika menyetir di belakang truk sebaiknya pengendara mengenali dan menghindari area blind spot agar terhindar dari kecelakaan seperti terserempet atau tertabrak.

Baca Juga :  DEALER MITSUBISHI BUMEN REDJA ABADI RAIH KEPUASAN KONSUMEN BERKAT LAYANAN TERBAIK SE INDONESIA

Area Blind Spot

Dimana sajakah letak daerah blind spot tersebut ? mari kita simak penjelasannya.

Area titik buta kendaraan truk yang wajib dikenali pengemudi, terletak di bagian depan, samping kiri, dan juga samping kanan serta bagian belakang truk. Ketika pengendara berada terlalu dekat dengan area blind spot resiko terjadinya kecelakaan akan semakin besar. Menjaga jarak aman dari daerah buta kendaraan truk sangat dianjurkan bagi pengemudi.

Sisi Depan Truk

Blind spot bagian depan dari sebuah truk berada tepat di bagian bawah kaca depan truk. Area ini berjarak sekitar 2 meter dari bagian depan truk. Jika berada pada area ini saat mobil dalam kondisi berjalan, akan memperbesar resiko tertabrak oleh truk. Oleh karena itu menjaga jarak aman dari area ini sangatlah dianjurkan untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Sisi Kanan & Kiri Truk

Selain sisi depan, sisi samping kanan dan depan sebuah truk juga merupakan area blind spot. Area ini tidak dapat dilihat oleh pengemudi truk apabila ada kendaraan yang berada di bawah sisi kanan dan kiri tersebut.

Pada bagian kanan, meskipun posisi supir ada di sisi kanan dan namun karena ketinggian mobil truk, Maka terdapat beberapa area yang tidak terjangkau oleh kaca spion, sehingga sopir tidak bisa melihat jika ada kendaraan yang berada di sisi tersebut.

Selalu pastikan  untuk tidak menyalip sembarangan dan selalu berhati-hati jika ingin menyalip  melalui sisi samping kanan truk. Usahakan untuk selalu memberi klakson sebagai penanda ketika kendaraan berada di daerah blind spot oleh supir truk.

Area Belakang Truk

Sisi belakang dari truk merupakan bagian blind spot yang terbesar apalagi truk yang membawa muatan atau container. truk truk bermuatan besar tidak bisa melihat kendaraan di belakangnya melalui kaca spion tengah.

Sehingga, supir tidak akan bisa melihat apabila ada kendaraan yang berhenti dekat di belakang. Hal ini tentu membahayakan apabila truk berhenti mendadak. Untuk dihimbau untuk tidak terlalu lama berkendara di daerah blind spot kendaraan besar seperti truk.

Priotitaskan keselamatan berkendara dengan selalu mewaspadai jika kendaraanmu melewati area blind spot kendaraan yang lebih besar. Selalu tingkatkan kewaspadaan serta senantiasa bersabar apabila berkendara di belakang kendaraan besar.

Informasi lebih lanjut untuk pemesanan truk Mitsubishi Fuso dapat menghubungi Call Center Bumen Redja Abadi di link berikut bit.ly/CALLCENTERBRA 

Bagi Anda para pengemudi Mitsubishi Fuso, lakukan perawatan rutin untuk kendaraan Mitsubishi Fuso Anda di bengkel resmi terpercaya Mitsubishi Bumen Redja Abadi. Temukan dealer BRA terdekat di kota anda di link berikut ini https://bumenredjaabadi.co.id/find_dealer


referensi :

Ktbfuso.co.id. 28 September 2021. Hindari Kecelakaan di Jalan Raya Akibat Blind Spot. Diakses pada 9 November 2022. https://ktbfuso.co.id/ask-expert/375/hindari-kecelakaan-di-jalan-raya-akibat-blind-spot

Bagikan Artikel Ini