bagian-kendaraan-ini-wajib-di-cek-sebelum-perjalanan-mudik

Bagian Kendaraan Ini Wajib di Cek Sebelum Perjalanan Mudik

kategori: News


Posted on 24 March 2023


Bumenredjaabadi.co.id, Mudik merupakan momen yang ditunggu saat menjelang lebaran. Menghabiskan waktu libur panjang dari kesibukan dengan keluarga tercinta di kampung halaman adalah hal yang dinanti khususnya bagi masyarakat perantau.

Tak sedikit masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan mudik. Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Menurut survey Kemenhub, pada mudik lebaran tahun 2023 ini lonjakan peningkatan pemudik yang menggunakan mobil pribadi di prediksi bisa mencapai 27,32 juta orang.

Persiapan kendaraan harus dalam kondisi prima sebelum mengaspal menuju kampung halaman agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Yuk kita simak BRAthers, bagian-bagian kendaraan yang wajib dicek sebelum perjalanan mudik.

Oli Mesin

Pengecekan dan penggantian oli pada mesin mobil memiliki fungsi untuk pelumasan, pendinginan, pembersihan serta mencegah terjadinya karat pada mesin. Jika tidak diganti akan mengakibatkan endapan lumpur yang menyumbat saluran oli dan merusak mesin.

Baterai

Komponen baterai pada mobil harus di cek dan harus diganti apabila baterai sudah tidak lagi memberikan tegangan sesuai standar. Baterai berfungsi sebagai sumber listrik untuk menghidupkan starter mobil, headlamp dan bagian elektrikal lain. 

Jika tidak diganti mesin akan sulit untuk dinyalakan dan berbagai komponen lampu akan memiliki keterangan yang kurang maksimal. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara.

Air Radiator

Bagian ini tidak diabaikan dapat berdampak pada mesin mobil yang bisa overheat. Karena air radiator befungsi sebagai komponen pendingin mesin dan memproteksi bagian interior mesin dari karat.

Ketebalan Ban

Kondisi ban harus selalu dicek sebelum melakukan perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama. Ini karena jika ban sudah mengalami keausan atau tipis maka ban harus diganti untuk menghindari kejadian pecah ban tiba-tiba saat mobil tengah melaju. Ban yang aus juga mengakibatkan daya cengkeram yang kurang maksimal saat mobil melakukan pengereman.

Kampas Rem

Kampas rem dan bagian pendukungnya harus selalu dipastikan dalam keadaan prima dan layak agar mobil selalu aman ketika dibawa. Semakin lama penggunaan, kampas rem akan terkikis hingga habis yang ditandai dengan timbulnya bunyi ketika melakukan pengereman.

Selain itu, BRAthers harus melakukan pengecekan kondisi kebersihan kampas rem pada velg bagian dalam. Kampas rem harus segera diganti jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut

Selalu pastikan bagian-bagian mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik sebelum mudik dengan membawa kendaraan untuk pengecekan servis di bengkel dealer Bumen Redja Abadi terdekat di kota Anda. Ciptakan keamanan berkendara agar bisa berjumpa dengan keluarga tercinta.

Anda bisa melihat lokasi  bengkel dealer kami di link berikut ini bumenredjaabadi.co.id/find_dealer. Atau juga bisa daftar melalui layanan formulir booking service disini bit.ly/booking-service. Info lebih lanjut hubungi call center BRA 085210000852.

Referensi

cnbcindonesia.com 15 Maret 2023. Pemudik 2023 Bisa 123 Juta Orang, Ramai Naik Mobil Pribadi. Diakses pada 21 Maret 2023.  

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230315082925-8-421750/pemudik-2023-bisa-123-juta-orang-ramai-naik-mobil-pribadi

mitsubishi-motors.co.id. 19 Januari 2021. Diakses pada 21 Maret 2023.

https://www.mitsubishi-motors.co.id/news-events/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-mengganti-kampas-rem

Bagikan Artikel Ini