waspada-tekanan-angin-ban-mobil-yang-salah-bisa-memicu-bahaya

Waspada, Tekanan Angin Ban Mobil Yang Salah Bisa Memicu Bahaya

kategori: News


Posted on 05 April 2023


Bumenredjaabadi.co.id, Menerapkan safety driving atau keselamatan berkendara merupakan hal yang harus diutamakan bagi BRAthers yang akan mengemudi. Kondisi kendaraan yang selalu optimal memegang peranan penting karena berpengaruh pada performa kendaraan. Salah satunya ialah ban kendaraan yang harus diperhatikan tekanan angin nya. Menurut Data KNKT (2020), kurangnya tekanan angin pada ban menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan sebanyak 80%.

 

Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, mengatakan, pentingnya untuk para pengemudi memerhatikan tekanan angin pada ban kendaraannya.

 

“Ban pada kendaraan memang terlihatnya sepele, tetapi ban itu menjadi tumpuan penting yang sangat memengaruhi tingkat keselamatan berkendara, terutama di jalan tol. Bila tekanan angin pada ban kurang, akibatnya bisa sangat fatal. Apalagi dipacu di jalan tol dengan kecepatan yang tinggi, ban bisa mengalami fatigue dan pecah. Bahkan apabila posisi sedang hujan dengan kondisi jalan tol yang tergenang air, tekanan angin pada ban yang kurang dapat menyebabkan split hingga terjadilah fenomena aquaplaning.”

 

Baca Juga : Tips Agar Tak Mabuk Saat Mudik Dengan Mobil Pribadi

 

Namun, meski tekanan angin ban rendah atau kurang memicu bahaya, tekanan angin pada ban tidak bisa sembarang di tingkatkan. Jadi ban harus memiliki tekanan angin  yang pas. Seperti apa ya BRAthers tekanan angin ban mobil yang pas ?

 

Untuk lebih jelasnya mengenai tekanan angin tekanan angin yang ideal yuk kita pahami penjelasannya lebih detail, BRAthers.  

 

Dampak Tekanan Angin Ban Rendah

 

Dampak yang terjadi apabila tekanan angin ban kurang atau rendah dapat mengakibatkan ban mobil BRAthers rentan pecah. Penyebabnya karna dinding ban sangat lentur dan terjadi pengumpulan panas di dalam,

 

Konsumsi BBM mobil BRAthers pun akan lebih boros ini karena daya yang dihasilkan akan lebih besar untuk memutar ban.

 

Dampak Tekanan Angin Ban Tinggi

 

Mobil akan sulit dikendalikan karna kurangnya traksi. Traksi ialah daya gesek maksimum yang terjadi antara dua permukaan benda.

 

Rendahnya kemampuan traksi menyebabkan kendaraan akan mudah tergelincir, selip, dan hilangnya kendali.

 

Ban lebih kaku kurang mampu meredam guncangan sehingga menggangu kenyamanan berkendara. Selain itu Ban aus tidak rata karena hanya bagian tengah yang menyentuk permukaan aspal jalanan.

 

Tekanan Angin Ban Yang Tepat

 

Idealnya tekanan angin pada ban akan mengurangi guncangan dalam kabin mobil. Terlebih lagi jika mobil BRAthers menyusuri jalanan terjang dan bergelombang. Apabila tekanan angin ban tepat, bentuk ban akan terlihat bulat sempurna sehingga tapak ban yang bersinggungan dengan permukaan jalan pun tidak terlalu luas.

 

Tekanan angin ban yang tepat juga dapat memperpanjang masa pakai ban jadi semakin lama sehingga BRAthers tidak perlu sering mengganti ban. Melansir web resmi KTB Fuso, pengemudi juga harus melakukan hal berikut

 

·      Selalu pastikan untuk menyesuaikan tekanan angin ban sesuai dengan buku manual kendaraan,

·      Sesuaikan tekanan dengan beban muatan yang dibawa

·      Cek atau isi angin dalam kondisi ban dingin agar hasil akurat

·      Cek tekanan angin ban sekitar 2 minggu sekali.

 

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi untuk memastikan kondisi kendaraan BRAthers  selalu dalam kondisi prima. Bawa kendaraanmu ke bengkel resmi Mitsubishi Bumen Redja Abadi terdekat.

 

Informasi lokasi serta kontak cabang Bumen redja abadi  dapat diakses melalui website resmi www.bumenredjaabadi.co.id/find_dealer atau hubungi customer service di link ini bit.ly/CALLCENTERBRA

 

Referensi

 

Ktbfuso.co.id. 20 Agustus 2021. Jaga keawetan ban dengan tekanan angin yang tepat. Diakses pada 29 Maret 2023. https://ktbfuso.co.id/fuso-trace/364/jaga-keawetan-ban-dengan-tekanan-angin-yang-tepat

 

mitsubishi-motors.co.id. 16 April 2021. Pentingnya Tekanan Angin Sesuai Rekomendasi Pabrikan, berapa tekanan yang Pas?. Diakses pada 29 Maret 2023.

https://www.mitsubishi-motors.co.id/news-events/pentingnya-tekanan-angin-sesuai-rekomendasi-pabrikan-berapa-tekanan-yang-pas

Bagikan Artikel Ini