tak-hanya-bahayakan-tubuh-manusia-ini-bahaya-abu-vulkanik-bagi-kendaraan

Tak Hanya Bahayakan Tubuh Manusia, Ini Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kendaraan

kategori: News


Posted on 14 March 2023


Bumenredjaabadi.co.id, Hantaman hujan abu vulkanik yang diakibatkan erupsi gunung tentunya berdampak buruk bagi kesehatan manusia. abu vulkanik dapat menyebabkan kerusakan pada mata, kulit, sistem pernafasan, dan organ tubuh lainnya. Namun tak hanya membahayakan kesehatan manusia saja, abu vulkanik juga memiliki dampak negatif yang cukup membahayakan bagi kendaraan.

 

Mari simak berbagai masalah pada komponen kendaraan yang diakibatkan dari abu vulkanik. 

 

1.  Rusaknya Eksterior Mobil


Abu vulkanik yang mengandung asam yang dapat memicu terjadinya karat pada lapisan eksterior mobil. Selain itu kandungan silikon yang cukup tinggi pada abu vulkanik mengakibatkannya memiliki efek tajam seperti kaca yang dapat membuat goresan atau baret pada bagian luar mobil seperti kaca & warna cat bodi kendaraan menjadi pudar . Apabila mobil terus dibiarkan dan tidak ditangani dengan cepat dan tepat, mobil dapat mengalami kerusakan eksterior serius dan harus dilakukan pengecatan ulang. 

     

2. Merusak Kondisi Mesin

 

Mesin mobil sangat rental pada partikel debu meskipun sudah memiliki filter udara. Debu vulkanik akan lebih berbahaya lagi apabila sudah memasuki ruang bakar yang bisa mengakibatkan kerak hingga ring piston rusak.

 

Melansir gooto.com menurut pengamat otomotif, hampir semua mobil model baru yang memakai sistem fuel injection akan sangat rentan dimasuki abu vulkanik yang akan merusak mesin. Abu yang masuk ini akan membuat sistem mesin menjadi mengalami kemacetan.

 

3. Filter Udara Mobil Tersumbat


Ukuran debu abu vulkanik lebih kecil dan halus dibandingkan debu pada umumnya. Sehingga, filter udara tidak mampu menyaring sempurna abu vulkanik.

 

Filter udara yang tertutup debu vulkanik ini jika dibairkan tidak bekerja secara maksimal, secara perlahan aka mempengaruhi mesin mobil. Selain itu, saringan udara yang tak diganti juga akan lebih cepat rusak karena harus menyaring debu yang berbeda dan lebih berbahaya. 

 

4.  Cairan Mobil Terkontaminasi


Walau bagian ini tertutup rapat, tetap saja masih terdapat celah menyusup kedalam tutup oli, minyak rem, air radiator. Apabila sudah terkontaminasi berpotensi cepat rusak dan performa mobil tidak maksimal.

 

Partikel Abu vulkanik ini dapat menyusup ke dalam wadah dan berbagai sistem cairan mobil seperti tabung minyak rem atau air radiator. Saat bagian ini tercampur, kandungan zat kimia di dalam cairan tersebut akan rusak dan menurunkan kinerjanya untuk kendaraan.


5.  AC mobil bermasalah

 

Debu abu vulkanik dapat menempel di dalam kondesnsor AC mobil. Hal ini dapat diperparah saat terjadi hujan abu abu vulkanik yang berdampak semakin banyaknya debu yang akan menempel.

 

Abu yang sudah masuk kedalam sirkulasi udara bisa menyumbat dan berpotensi merusak perangkat AC mobil. Kualitas udara pendingin mobil pun berkurang dan udara yang terhirup akan lebih berbahaya untuk penumpang.

 

6.   Sistem Pengereman Bermasalah

 

Tak kalah penting, abu vulkanik juga dapat menyerang sistem pengereman mobil yang mempunyai dampak bahaya apabila tidak diperhatikan. Pertama pada rem cakram, abu vulkanik ini bisa menempel pada piringan rem. 

 

Selanjutnya, apabila abu vulkanik berhasil menyusup masuk ke dalam teromol rem. Gesekan dengan kampas rem akan membuat permukaan teromol rem menimbulkan goresan dan membuat terganggunya sistem sensor pada rem sehingga performa pengereman kendaraan tidak bekerja maksimal.

 

Selain itu, abu vulkanik bisa mengganggu sistem pengereman mobil yang akan menimbulkan suara saat rem digunakan. Komponen rem ini harus sangat diperhatikan karena dapat membahayakan keselamatan berkendara

 

Jangan panik, bagi kendaraan Anda yang terkena abu vulkanik, cukup siram bodi kendaraan Anda dengan air bersih setelah itu bawa ke bengkel bumen redja abadi untuk pengecekan lebih lanjut. Temukan Dealer resmi Mitsubishi Motors Bumen Redja Abadi terdekat di kota Anda. Informasi lokasi serta kontak cabang Bumen redja abadi  dapat diakses melalui website resmi di link berikut www.bumenredjaabadi.co.id/find_dealer atau hubungi customer service bit.ly/CALLCENTERBRA.

 

referensi

seva.id. 6 Desember 2021.Gunung Semeru Erupsi, Hati-Hati Ini Dampak Abu Vulkanik Bagi Mobil. diakses pada 12 Maret 2023

https://www.seva.id/blog/gunung-semeru-erupsi-hati-hati-ini-dampak-abu-vulkanik-bagi-mobil-

Gooto.com. 15 Februari 2014. waspada abu letusan gunung kelud merusak mesin mobil. diakses pada 12 Maret 2023. 

https://www.gooto.com/read/554398/waspada-abu-letusan-kelud-merusak-mesin-mobil

Bagikan Artikel Ini