b35-bahan-bakar-nabati-dari-kelapa-sawit

Kenalan Dengan B35, Bahan Bakar Nabati Dari Kelapa Sawit

kategori: News


Posted on 03 February 2023



pic : cnbc.com

Bumenredjaabadi.co.id,  Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengumumkan di rilisnya Bahan Bakar B35 pada awal Februari 2023. B35 ini merupakan bahan bakar biodiesel dengan kandungan minyak kelapa sawit dan solar sebanyak 35% untuk mesin diesel.

Untuk Anda yang belum tahu, Biodiesel digunakan sebagai energi alternatif menggantikan Bahan Bakar Minyak untuk jenis diesel/solar. Biodiesel dapat diaplikasikan hingga 100%, Rencananya kadar dalam biodiesel akan terus ditingkatkan dengan kadar 100% (B100).

Kehadiran Bahan bakar Nabati B35 ini adalah manifestasi program pemerintah Indonesia sebagai upaya penyediaan bahan bakar  berkelanjutan. Program ini juga sekaligus upaya menekan angka impor bahan bakar solar. Selain itu, bahan bakar nabati ini disinyalir dapat mengurangi polusi akibat gas rumah kaca sebesar 34,9 Juta ton C02.

Mengutip  Direktur Bioenergi, Edi Wibowo dalam situs resmi ebtke.esdm.go.id menyatakan “Subsitusi BBM ke BBN adalah upaya strategis dalam hal penghematan devisa akibat menurunnya impor minyak solar, peningkatan nilai tambah Crude Palm Oil, dan membuka lapangan kerja.”


referensi

ebtke.esdm.go.id.diakses Februari 2023 

https://ebtke.esdm.go.id/

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini