5-cara-hilangkan-ngantuk-berkendara-saat-berpuasa

5 Cara Hilangkan Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

kategori: News


Posted on 29 March 2023


Bumenredjaabadi.co.id, Bagi sebagian orang berpuasa bukan saja menahan haus dan lapar, mereka juga harus menahan rasa kantuk yang datang. Rasa kantuk saat puasa ini diakibatkan karena terjadinya penurunan kadar gula darah dalam tubuh yang membuat otak menjadi susah berkonsentrasi.

Selain itu waktu tidur yang terganggunya di malam hari menjadi penyebab mudah mengantuk saat puasa. Sebagian orang harus bangun lebih pagi dari biasanya untuk mempersiapkan sahur. Sehingga kuantitas waktu tidur yang semula 7-8 jam menjadi berkurang.

Jika sedang mengemudi, rasa kantuk yang datang harus di antisipasi karena ditakutkan akan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Lima cara ini bisa dicoba untuk hilangkan ngantuk berkendara saat berpuasa.

Buka Kaca Mobil & Matikan AC

Seringkali rasa kantuk muncul karena sirkulasi udara di dalam mobil tidak baik. Saat rasa kantuk tak tertahankan, cobalah untuk mematikan ac mobil dan mendapatkan udara alami. Dengan membuka kaca mobil kita bisa menghirup udara segar dari luar dan membiarkan sinar matahari masuk.  

Menyetel Musik atau Radio di Mobil

Suasana kabin mobil yang sunyi bisa memicu datangnya rasa kantuk, mulailah untuk menyetel musik di mobil sesuai selera dan preferensi masing-masing. Menyetel musik bisa membangkitkan mood dan semangat. BRAthers juga bisa mendengarkan radio untuk menemani saat berkendara.

Pilihlah lagu yang bisa membangkitkan semangat dan bertempo cepat seperti genre lagu-lagu upbeat, EDM, Rock dan lain – lain.

Menyanyi & Mengobrol

Jika ada teman yang menemani berkendara di mobil, BRAthers bisa mencoba untuk  bernyanyi dan mengobrol bersama. Mengobrol bisa membantu menghilangkan rasa kantuk

Mencuci Muka dengan Air

Mencuci muka adalah cara yang efektif hilangkan rasa kantuk yang sudah tak tertahankan. BRAthers bisa mencuci muka dengan air. Jika tidak ada air di dalam kabin menepi lah sejenak di pom bensin atau warung.

Istirahat Sejenak

Jangan mencoba untuk memaksakan diri apabila rasa kantuk sangat tak tertahankan. Ini adalah hal yang memicu bahaya terlebih jika mengemudi jarak jauh. Menepilah sejenak untuk tidur kilat atau  Power Nap selama 15 – 30 Menit. Power nap agar energi muncul kembali dan badan menjadi segar.

BRAthers bisa mencegah rasa kantuk dengan memasang cabin refresher  yang bisa di dapatkan di bengkel resmi Mitsubishi Bumen Redja Abadi.

Berbagai manfaat bisa BRAthers dapatkan dengan memakai Cabin Refresher di mobil. Mulai dari menghilangan bau apek, membunuh kuman & bakteri, membuat kabin wangi seperti kendaraan baru yang bisa meningkatkan mood sehingga rasa kantuk hilang.

Dapatkan cabin refresher sekarang juga dengan mengunjungi bengkel resmi Mitsubishi Bumen Redja Abadi terdekat. Temukan Dealer resmi Mitsubishi Motors Bumen Redja Abadi terdekat di kota BRAthers melalui link berikut bumenredjaabadi.co.id/find_dealer atau hubungi customer service bit.ly/CALLCENTERBRA.

Referensi

Halodoc.com. 22 Desember 2021. Mudah Ngantuk Saat Puasa Apa Sebabnya. diakses pada 29 Maret 2023. 

https://www.halodoc.com/artikel/mudah-ngantuk-saat-puasa-apa-sebabnya

Bagikan Artikel Ini