masalah-mobil-saat-hujan

Permasalahan Mobil Ini Sering Bikin Jengkel Pengemudi Saat Musim Hujan

kategori: News


Posted on 21 October 2022


Bumenredjaabadi.co.id, Ketika musim penghujan tiba, beragam permasalahan kendaraan pun dapat muncul akibat terkena curah hujan. Pengendara kendaraan roda empat seringkali tidak menyadari bahwa mobil yang mereka pakai memiliki sejumlah masalah yang diakibatkan oleh air hujan.

Air hujan memiliki kandungan senyawa yang dapat merusak bagian-bagian mobil. Kandungan tersebut ialah adanya senyawa dalam air hujan yang bersifat asam. Keasaman pada air tersebut lah yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada bagian-bagian mobil.

Untuk lebih jelas masalah mobil apa saja yang timbul akibat air hujan, mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Kaca Berjamur


Sumber : gridoto.com

Masalah yang satu ini banyak terjadi pada lapisan kaca dan bodi mobil. Kaca yang berjamur pada mobil memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari apalagi setelah mobil terkena hujan. Penyebab jamur pada kaca ialah sisa-sisa air hujan yang bersifat asam ini sering dibiarkan hingga mengering di kaca dan badan mobil.

Tahukah anda bahwa kehadiran jamur pada kaca seharusnya tidak boleh dianggap sebelah mata?. Sebab, kaca mobil menjadi salah satu bagian mobil yang krusial karena berpengaruh langsung terhadap daya pandang pengemudi. Jika kehadiran jamur mendominasi di kaca mobil, cahaya yang masuk bisa menjadi bias dan membuat kualitas pandangan menjadi kurang jelas.

2.    Noda air / Water Spot 


Sumber : viva.co.id

Penyebab munculnya noda air  atau waterspot pada bodi mobil adalah mineral yang mengandung zat besi pada air hujan menempel dan kering hingga menjadi bercak seperti panu. Adanya noda air tersebut tentu akan mengurangi estetika eksterior mobil kesayangan Anda yang akan membuat cat tampak kusam.

Noda air baru yang muncul setelah turun hujan mungkin akan mudah dibersihkan namun yang jadi masalah adalah ketika noda air yang dibiarkan dalam jangka waktu lama. Jenis noda air/water spot tersebut lah yang cukup sulit dihilangkan. Maka dari itu diperlukan cairan khusus guna menghilangkan waterspot di bodi kendaraan.

3.    Karatan 


Sumber : mitsubishimotors.co.id

Tingkat keasaman yang tinggi pada air hujan dapat mengakibatkan adanya proses kimia yang disebut korosi. Korosi terjadi pada material mobil yang berbahan logam atau besi dapat menyebabkan terjadi nya karat. Apalagi ketika mobil sering bersentuhan dengan genangan air hujan yang bercampur polusi dan kotoran di jalan maka akan semakin mempercepat proses terjadinya karat pada mobil.

Karatan merupakan masalah yang bisa sangat mengganggu. Saat mobil karatan maka bisa membuat bodi dan chassis mobil rapuh. Untuk itu jika mobil terdapat karat sebaiknya segera ditindaklanjuti karena karat dapat menyebar ke bagian bodi mobil yang lain jika terus dibiarkan akhirnya akan mengikis bodi mobil. 

4.  Goresan Halus / Swirlmarks


Terakhir, masalah yang sering terjadi juga adalah adanya goresan halus pada permukaan cat atau disebut juga swirlmarks. Goresan halus muncul karena air hujan yang mengandung kotoran seperti pasir atau debu halus.

Saat kotoran yang ada dalam air hujan ini dibiarkan menempel terus menerus di permukaan cat maka akan timbul goresan halus/ swirlmarks yang bisa mengeras di permukaan cat.

Masalah-masalah tersebut memang seringkali membuat jengkel, apalagi untuk para pengemudi yang tidak punya cukup waktu untuk mencuci dan merawat mobil mereka sendiri. Disisi lain jika  memutuskan  untuk membawa mobil ke bengkel bodi & cat untuk perawatan kendaraan ada resiko mendapat bengkel abal-abal yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya bisa merusak estetika bodi kendaraan kesayangan. Hal ini tentunya merugikan para pemilik mobil karena uang yang dikeluarkan tidak sebanding dengan kualitas layanan.

 

Di Bumen Redja Abadi (BRA) selaku dealer resmi Mitsubishi, memiliki layanan bodi & cat yang terkenal dengan nama BRA SHIELD. Telah memiliki pelanggan banyak dan meningkat setiap tahunnya untuk mendaftar layanan kami diantaranya Nano Ceramic Coating, Paint Protection dan juga Rust Protection.

 

Layanan ini bisa menjadi solusi dari masalah masalah kendaraan mulai dari jamur kaca, noda air yang sulit hilang, karat mobil, goresan – goresan dan masalah lainnya yang akan hilang dalam sekejap.

 

Berdiri selama bertahun tahun dengan peningkatan jumlah pelanggan yang pesat setiap tahunnya membuktikan keseriusan Bumen Redja Abadi dengan layanan ini.


Proses pengerjaan dikerjakan oleh para professional yang sudah terlatih dan berpengalaman dengan sistem pengerjaan yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik sehingga proses nya cepat dan berkualitas sehingga menghasilkan proteksi ekstra untuk melindungi mobil pelanggan setia kami.


Buktikan kualitas layanan BRA SHIELD untuk perlindungan mobil kesayangan anda dengan booking melalui formulir website kami di menu after sales atau menghubungi CS BRA SHIELD 081283261258 (Call/WA). 







Bagikan Artikel Ini